Thursday, January 12, 2017

Tips Merawat Ponsel Layar Sentuh Touchscreen

Tips Merawat Ponsel Layar Sentuh Touchscreen


Tips merawat ponsel layar sentuh (touchscreen) -- Merawat ponsel bukanlah hal yagn rumit untuk dilakukan, termasuk juga ponsel layar sentuh (touchscreen) yang memiliki beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian mengenai layar pada ponsel tipe touchscreen ini, karena bagian layar tersebut merupakan hal yang sensitif, apabila bermasalah maka aktifitas Kamu di ponsel akan menjadi terganggu bahkan tidak bisa sama sekali menggunakan ponsel tersebut jadinya.

Tips Merawat Ponsel Layar Sentuh (Touchscreen)
Tips Merawat Ponsel Layar Sentuh (Touchscreen)

Dengan perubahan jaman sangat cepat berkembang, maka perkembangan teknologi pada abad ini seperti ponsel yagn sangat membantu aktifitas sehari-hari, hingga munculah model touchscreen yang saat ini penggunaannya semakin populer. Perawatan yang perlu untuk dilakukan pada handphone dengan model layar sentuh ini tentunya agak berbeda jika dibandingkan dengan ponsel dengan tipe biasa, dimana hanya menggunakan tombol saja dalam navigasinya.

Tips merawat ponsel layar sentuh (touchscreen) dengan benar

Berikut dibawah ini tips agar ponsel layar sentuh dapat terawat dengan baik sehingga dapat tahan lama penggunaannya.

1. Melindungi layar dengan anti gores

Hal pertama yang saya kira amat penting untuk dilakukan, terutama ketika memiliki ponsel yang baru yaitu hendaknya segera memberikan anti gores pada layar, sehingga dengan begitu layar akan terhindari dari yang namanya goresan, dimana goresan tersebut akan sangat mengganggu ketika sudah sampai terjadi pada layar, Kamu menjadi terganggu dalam menavigasi ponsel.

2  Menjauhkan ponsel dari magnet.

Meletakan atau menggunakan yang jauh dari medan magnet sangat penting untuk diterapkan, karena untuk menghindari menurunnya kinerja ponsel, bahkan juga dapat membuat ponsel menjadi error, kemudian juga hindari menggunakan yang ternyata mengandung magnet karena sangat berbahaya untuk ponsel, karena Kamu tentunya tidak mau performa ponselmu menurun, kan??

3. Hindari menekan layar terlalu kuat.

Yang tampaknya cukup sering terjadi dan jarang disadari pengguna ponsel touchscreen yaitu ketika mengetik pada layar dengan menekannya terlalu kuat. Mungkin karena memang dahulu menggunakan tombol ponsel biasa dengan menekannya cukup kuat, akan tetap pada layar touchscreen hal tersebut tidak diperbolehkan.

4. Hindari layar sentuh terkena panas matahari langsung

LCD layar sentuh itu memiliki sifat liquid, sehingga sangat tidak baik terlalu sinar matahari dalam waktu lama karena akan menurunkan kualitas dan kinerja layar sentuh pada ponsel, tentunya Kamu tidak ingin kan??

5. Rajin membersihkan ponsel layar Sentuh

Dengan membersihkan layar sentuh (menggunakan kain lembut dan tidak berserat) yang juga kering tentunya, maka ini sangat baik untuk membersihkan kotoran debu yang menempel pada layar touchscreen ponsel. Adapun untuk sela-sela layar ponsel maka dapat menggunakan cutton bud, lakukan pembersihan dengan hati-hati.

6. Hindari meletakkan ponselnya di saku celana

Untuk pin keenam ini, tentang kurangnya pengetahuan dari pemilik ponsel sehingga meletakkan ponsel di saku celana, tentunya kebiasaan seperti ini akan memberikan resiko berupa menurunnya kualitas layar ponsel, bahkan dapat membuat layar rusak sekalian. Apalagi layar sentuh pada ponsel yang ditaruh di celana ketat maka akan semakin membuat layar touchscreen semakin parah rusaknya.

7. Hindari menggunakan volume terlalu tinggi.

Dengan menghindari menggunakan volume ponsel yang terlalu tinggi maka kita mencegah terjadinya getaran yang terlalu kuat pada ponsel dalam waktu lama, karena getaran yang kuat ini berbahaya untuk ponsel, terutama pada bagian layar.

8. Jauhkan handphone dari suhu tinggi

Untuk masalah seperti tampaknya sudah banyak seharusnya diketahui oleh para pengguna ponsel, yaitu menghindari ponsel dari benda-benda atau tempat yang bersuhu tinggi, seperti kompor, microwave dan yang semacamnya, karena suhu panas ini sangat berbahaya untuk kesehatan komponen-komponen ponsel.

Hal-hal lainnya yang perlu diperhatikan juga hindari ketika berkeringat, dimana setelah olahraga misalnya yang membuat tubuh basah oleh keringat, maka hindari untuk menggunakan handphone, karena dikhawatirkan ponsel terkena keringat, kemudian juga jauhkan ponsel dari anak kecil yang dapat membuat layar ponsel Kamu menjadi korban nantinya, karena mungkin ponsel dibanting-banting oleh anak kecil tersebut. Dengan melakukan hal-hal diatas maka sangat baik dalam merawat ponsel layar sentuh / touchscreen agar dapat awet.

Semoga bermanfaat.

Baca juga:
  • 6 Bahaya Menutup Laptop dalam Keadaan Hidup
  • 7 Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas
  • Cara Membedakan Ponsel Android Asli atau Palsu

Available link for download