Friday, November 25, 2016

Tips Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Tips Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi


Tips Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi ? Seperti yang kita ketahui, Android merupakan Smartphone serbaguna. Banyak aplikasi yang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari, mulai dari social media, fotografi, produktivitas, office tool dll. Kebanyakan aplikasi tersebut selalu terkoneksi ke internet.
Dibalik manfaat yang serbaguna dari Android, terdapat satu kelemahan yang ada di hampir semua merk dan tipe Android, yaitu Battery yang sangat boros.
Jangan heran jika Android kamu batterynya boros, karena kejadian tersebut akan dialami oleh semua pengguna Android. Penyebab utamanya adalah Penggunaan aplikasi yang berjalan dilatarbelakang yang sangat banyak. sehingga walaupun Android Kamu sedang tidak dipakai, battery akan tetap terkuras dengan berjalannya aplikasi yang berada di latar belakang. Contohnya, whatsapp, BBM, Facebook, line, email,dll. Selain faktor utama diatas, masih banyak penyebab lain dari borosnya baterai Android.
Beberapa pengguna jika mendapatkan Androidnya terasa mulai boros, pasti akan mendownload aplikasi untuk menghemat battery. Namun perlu kamu ketahui, aplikasi penghemat battery tersebut justru akan menambah aplikasi yang berjalan di latar belakang. Walaupun memang secara sistem aplikasi tersebut bekerja dengan baik, alangkah baiknya jika Kamu ingin menghemat battery tanpa memakai aplikasi supaya tidak menambah aplikasi yang berjalan di latar belakang. Untuk, itu kali ini Room Rom akan berbagi tips untuk menghemat Battery Android tanpa aplikasi

Baterai Android

Room Rom akan berbagi tips untuk menghemat Battery Android tanpa aplikasi

1.  Alihkan Conectivity


Sinyal 3G yang tidak stabil sangatlah berpengaruh dalam pengunaan battery. Karena ketika tidak stabil, Android akan mencari jaringan dan membuatnya bekerja terus menerus. Untuk lebih menghemat daya baterai sebaiknya saat kita dalam lokasi HotSpot, kita mematikan koneksi selular kita dan mengkoneksikan  android dengan WiFi yang tersedia. Seperti dirumah, kantor atau mall, kapanpun ada WiFi maka alihkanlah jaringan internet ke WiFi karena biasanya lebih stabil daripada selullar.

2. Matikan WiFi & Bluetooth


Hal ini sering terlewat oleh para pengguna android, yaitu mematikan WiFi. Saat tidak memerlukan koneksi WiFi sebaiknya kita mematikan koneksi WiFi kita. Karena bila WiFi hidup maka hp android kita akan terus aktif mencari sinyal WiFi dan hal ini akan membuat terkurasnya baterai hp android. Begitu juga dengan fasilitas Bluetooth, fasiltas untuk kita dapat bertukar data ini sebaiknya dimatikan bila kita tidak sedang memerlukannya, toh menyalakannya juga tidak repot yaitu dengan Gulir kebawah pada home screen, tap pada ikon bluetooth

3. Matikan GPS


Fasilitas GPS pada Android seperti kita tahu sangat berguna untuk mencari jalan atau kita sedang tersesat, namun pemakaian GPS tidaklah terlalu sering, kita tidak setiap hari tersesat bukan? Maka matikanlah fasilitas GPS Android Kamu, dan hidupkan hanya bila Kamu memerlukannya. Caranya sangat simple yaitu Gulir kebawah pada home screen, tap pada ikon GPS

4. Mematikan Fitur Sync


Hp android memudahkan Anda mengetahui notifikasi email, facebook dan aplikasi lain secara live, namun bila Anda sedang tidak terlalu memerlukannya seperti saat liburan atau diperjalanan maka sebaiknya matikan fitur sync ini, namun konsekuensinya Anda tidak akan menerima notifikasi-notifikasi tersebut. Jangan khawatir, Anda tetep bisa melihat update terbaru dengan masuk ke aplikasi  yang Anda ingin lihat updatenya.

5. Kurangi Brigtness Layar


Keindahan hp android adalah pada layarnya yang memberikan Anda warna nyata nan menabjubkan apalagi bila hp Anda seperti Samsung Galaxy terbaru yang sudah memakai teknologi Super Amoled. Namun, layar hebat ini termasuk faktor terbesar baterai hp android Anda terkuras, jadi rendahkanlah pada kondisi gelap dan naikan sedikit saja bila kondisi ruag terlalu terang.

6. Kurangi Volume & Matikan Getar


Walaupun efeknya tidak terlalu signifikan, mengurangi volume dan mematikan getar cukup lumayan buat menghemat baterai.

7.  Kurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Pasanglah aplikasi yang kira-kira sangat penting saja, dan kurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang. Seperti BBM, Whatsapp, Facebook, G+, dll. Jika memang semuanya perlu, disarankan Kamu install aplikasi  Greenify untuk mengatur mana saja aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Itulah Tips Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi, semoga bermanfaat bagi pengguna Android yang sering mengalami permasalahan dengan keborosan baterai.

Available link for download